Kamar

Ide Desain Kamar Nuansa Gelap

Setiap rumah memiliki ruangan yang dikhususkan untuk tidur dan biasa disebut sebagai kamar. Nuansa kamar memiliki pengaruh yang besar terhadap seberapa baik kualitas tidur seseorang, dan nuansa terbaik biasanya adalah gelap. Maka, ide desain kamar nuansa gelap ini cocok untuk diterapkan.

Ya, nuansa gelap biasanya membuat tidur lebih nyenyak. Meski begitu, kesan suram dan seram biasanya melekat pada nuansa kamar yang semacam ini. Di artikel ini terdapat 6 ide yang bisa membuat kamar Anda tidak seram meski bernuansa gelap.

6 Ide Desain Kamar Nuansa Gelap

Kamar Gelap dengan Variasi Warna Kalem

Jika penerapan warna pada sebuah kamar perlu diseragamkan, maka warna-warna yang bersifat kalem cocok untuk desain yang satu ini. Ya, warna-warna kalem seperti hitam, abu-abu, coklat dan merah salmon sangat cocok untuk melengkapi desain kamar nuansa gelap.

1-kamar-gelap-dengan-variasi-warna-kalem

Dan menariknya, seperti gambar yang bisa Anda lihat, penerapan warna kalem cukup dapat mengurangi kesan seram di dalam kamar. Terlebih karena di kamar tersebut memiliki jendela kaca yang besar, kesan suram pun semakin dapat dihindari.

Gelap dengan Nuansa Monokrom

Apa yang terlintas dalam benak Anda ketika mendengar istilah monokrom? Bisa jadi tampilan warna dengan perpaduan antara putih, hitam dan abu-abu terlintas dalam pikiran Anda. Ya, pada umumnya, ruangan dengan nuansa atau tema monokrom menerapkan ketiga warna tersebut.

Meski terdiri dari warna-warna netral yang cenderung gelap, namun kesan yang ditampilkan justru elegan dan maskulin. Nuansa monokrom sangat cocok diterapkan untuk kamar laki-laki dewasa yang suka dengan ketenangan. Karena memang warna-warna netral memiliki kesan tenang.

Biru Tua yang Gelap tapi Kalem

Satu lagi warna yang sangat cocok melengkapi desain kamar nuansa gelap, yaitu biru tua dengan kesan kalem. Nah, untuk mencapai kesan semacam itu, tentu saja tidak didominasi oleh biru tua saja. Terdapat kombinasi warna yang bisa dimainkan, seperti abu-abu muda dan tua.

Seperti desain kamar nuansa gelap yang satu ini, pemiliknya menerapkan warna abu-abu tua untuk seluruh dindingnya. Namun, untuk kasur diterapkan warna biru tua yang mendominasi. Kombinasi antara biru tua, abu-abu dan juga hitam menghasilkan kesan kalem dan elegan.

Kamar Sederhana Nuansa Gelap

Ruangan dengan nuansa gelap merupakan nuansa yang sangat cocok untuk kamar sederhana. Maksud sederhana adalah sedikit barang dan serba minimalis. Seperti gambar di atas, kamar tersebut memiliki ruangan yang berukuran minimalis. Hal tersebut diikuti oleh barang-barang yang ada di dalamnya.

4-kamar-sederhana-nuansa-gelap

Nah, satu hal yang menarik dari desain kamar yang satu ini adalah selain desainnya yang minimalis, kesan yang ditimbulkannya juga tidak seram. Hal ini karena kombinasi warna gelap dan terang yang sangat mencolok di dalam kamar.

Ya, meskipun kamar ini didominasi oleh warna-warna gelap, namun hadirnya kasur berwarna hijau dapat memecah kesan suram. Terlebih adanya warna-warna pelangi sebagai aksen kasur tersebut menambah kesan cerah pada ruangan bernuansa gelap tersebut.

Nuansa Gelap dengan Penuh Dekorasi

Berlawanan dengan desain kamar nuansa gelap sebelumnya, kali ini terdapat kamar dengan nuansa gelap namun ramai dengan dekorasi. Seperti yang bisa Anda lihat, terdapat dekorasi yang menyerupai bunga. Meski begitu, pemilihan warnanya yang serba hijau tua membuat nuansa gelap bisa dipertahankan.

Satu hal yang menarik adalah bahwa hadirnya aksen putih dapat memecah kesan suram pada kamar ini. Selain itu lokasi kamar yang dekat dengan pintu besar membuatnya terkesan lebih lapang.

Jika Anda bayangkan kamar ini tidak memiliki warna cerah, kesan suram akan sangat terasa. Terlebih hadirnya banyak dekorasi membuat kamar terkesan sesak.

Kamar Nuansa Biru Tua Gelap

Bagaimana jika sebuah ruangan diberi satu warna yang sangat dominan? Sudah pasti kesan monoton akan hadir dalam ruangan tersebut. Terlebih karena kamar membawa nuansa gelap memperparah suasana ketika di dalam ruangan tersebut.

6-kamar-nuansa-biru-tua-gelap

Maka dari itu, contoh desain kamar yang satu ini memecah kesan monoton dengan menghadirkan warna lain. Menariknya, warna tersebut masih seragam dengan warna utama, yaitu ungu. Seperti yang bisa Anda lihat, warna ungu menjadi pasangan yang pas untuk biru tua gelap di kamar ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *