Dapur

Tips Desain Dapur dengan Meja Makan

Dapur pada rumah seringkali terasa sempit, terkadang kita berpikir untuk membuat desain dapur dengan meja makan. Dapur akan terlihat rapih apabila didesain dengan seapik mungkin, menjadikan masak dengan nyaman dan menyenangkan. Dengan desain yang menarik, suasana hati akan lebih senang ketika memasak. Berikut ini tips desain dapur dengan meja makan.

dapur-island-dengan-meja-makan

Untuk memberikan kenyamanan lebih, serta nuansa kekeluargaan, beberapa dapur didesain dengan meja makan. Umumnya, meja makan merupakan bagian yang penting dalam ruangan rumah. Dengan adanya meja makan yang menyatu dengan dapur, pemilik rumah akan mengetahui apa yang akan disantap di meja makan.

  • Bahan Material

Apapun yang akan Anda bangun, pastinya hal yang menjadi pemikiran utama adalah bahan materiil yang akan dipakai. Hal ini penting untuk dipikirkan karena dari sini, desain dapur dapat ditentukan setelahnya. Apa desain dapur yang cocok dengan material tersebut. Apakah letter U,L,T, atau model island.

  • Dapur Meja Makan Kayu

Kayu adalah bahan yang natural ada di alam. Ada banyak jenis kayu material yang bisa dijadikan pondasi untuk pembuatan dapur dengan meja kayu. Ada kelebihan dan kekurangan dari kayu material tersebut. Semuanya tergantung dari lingkungan Anda, apakah cocok untuk menggunakan material kayu tersebut.

dapur-nuansa-kayu-luas-dengan-meja-makan

Saat akan memilih bahan material kayu, perhatikan teksturnya. Tekstur akan menentukan apakah akan dicat atau dibiarkan alami dengan pahatan yang sudah dibersihkan. Tekstur juga membantu menyamarkan segala macam noda yang menempel pada permukaan.

Bahan kayu seperti jati atau merbau, kayu oak, walnut umumnya jarang dicat, namun bisa digunakan langsung dengan ciri khas serat-seratnya yang menambah kesan natural.

Jika Anda ingin permukaan dapur meja kayu tetap bersih, maka pilih kayu dengan banyak butiran dan cat dengan warna yang lebih gelap. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pembersihan permukaan dapur.

Untuk jenis kayu yang akan dipakai, ada banyak kayu dengan berbagai kualitas yang berbeda-beda. Kelebihan dapur meja makan berbahan kayu terletak pada materialnya sendiri, yaitu kayu. Pertama, bahan kayu sangat umum digunakan dalam berbagai aplikasi furnitur. Jadi perawatan dan penggunaanya sangat mudah dan umum.

Jika menggunakan kayu solid berkualitas, Anda bahkan tidak perlu mengecat kayunya. Selapis pernis pun sudah cukup, karena serat-seratnya sudah melengkapi dari pernis sehingga terlihat estetik.

Contoh gambar desain dapur dengan mini bar.

Sedangkan kekurangan dari bahan kayu adalah Anda harus merawatnya dengan sungguh-sungguh. Misalnya seperti perawatan atau pembersihan. Jika kayu tidak mendapat perawatan yang sesuai, seperti mendapat lapisan sealing yang sempurna, kayu rawan menjadi sarang bakteri dan jamur.

Anda juga tidak dapat sembarangan menerapkan satu jenis kayu untuk semua perabotan dalam dapur kayu, seperti lemari, countertop, hingga meja secara sekaligus. Karena tiap kayu memiliki karakter dan kekuatan yang berbeda.

  • Dapur Meja Makan Beton

Meja dapur beton memiliki banyak keserbagunaan dan dapat menciptakan tampilan yang unik. Meja beton memiliki berat lebih dari bahan meja lainnya. Anda memahami betul meja dapur beton seperti apa yang akan dibangun.

Mengenai ukuran dan dimensi, meja dapur bentuk letter L cocok untuk dapur memanjang dan menyatu dengan ruang makan. Tinggi meja dapur beton perlu disesuaikan dengan tinggi orang yang akan menggunakannya. Dengan demikian, Anda dapat memasak dan mencuci senyaman mungkin, serta pandangan ke arah meja makan tidak terlalu rendah atau tinggi.

dapur-luas-dengan-ruang-makan

Jika Anda memiliki budget yang minim, membangun dapur meja makan berbahan beton bisa menjadi satu-satunya pilihan. Pasalnya bahan materialnya akan sama dengan bahan material pembangunan rumah. Jadi Anda bisa dengan mudah memilah semen yang akan digunakan untuk membangun dapur dengan meja makan.

Itulah tips seputar desain dapur dengan meja makan, material-material yang umum dalam pembuatan dapur dengan meja makan. Dengan mengetahui karakteristik masing-masing material, semoga dapat meyakinkan Anda ketika akan membangun dapur dengan meja makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *