Dapur

Tips Desain Dapur Kompor Tanam

Dalam lingkungan rumah terutama di dapur, kompor merupakan hal yang paling penting karena fungsinya digunakan untuk memasak. Pada masa dimana segala tren menuntut modern dan minimalis membuat pemakaian kompor tanam makin diminati.

Apalagi dengan model dapur minimalis yang tren saat ini, penggunaan kompor tanam sangat serasi dengan konsep minimalisnya. Hal itulah yang meyebabkan ketertarikan terhadap kompor tanam kini semakin meningkat.  Bahkan pada desain rumah minimalis pun banyak juga yang mengadopsi sistem kompor tanam.

dapur-dengan-kompor-tanam-minimalis

Namun, apa sih yang dinamakan kompor tanam itu?. Kompor tanam adalah kompor yang dibuat menyatu dengan meja dapur, atau istilahnya built in, bersamaan dengan kitchen set.

Berikut ini tips dalam desain dapur dengan kompor tanam.

Dilihat dari bahan bakar atau energi yang digunakan, sama seperti kompor konvensional, kompor tanam juga terdiri dari beberapa jenis. Kompor tanam terbagi menjadi tiga, yaitu:

  • Kompor gas. Seperti namanya, bahan bakar dari kompor ini adalah gas LPG yang disambung dengan menggunakan regulator seperti kompor pada umumnya.
  • Kompor induksi. Yaitu kompor yang menggunakan energi listrik sebagai bahan bakarnya. Selain itu kompor induksi memanfaatkan medan elektromagnetik sebagai penghasil panas pengganti api.
  • Kompor listrik. Sama seperti kompor induksi, sama-sama menggunakan energi listrik. Namun bedanya ia tidak menggunakan medan elektromagnetik sebagai penghasil panas, ia menggunakan lempengan merah berbentuk spiral sebagai pengganti api yang apabila dinyalakan akan berwarna merah tanda kompor siap digunakan.

Kelebihan dan Kekurangan Dari Dapur Model Kompor Tanam

Ada baiknya Anda memahami dulu apa saja kelebihan dan kekurangan dari kompor tanam dibandingkan dengan kompor konvensional. Secara garis besar, berikut ini kelebihan kompor tanam dibanding kompor konvensional.

  • Memberikan tampilan dapur yang lebih minimalis, mewah, dan elegan.
  • Dapur lebih rapi karena penampilannya yang menyatu dengan meja dapur atau kitchen set dengan pipa yang tersembunyi.
  • Mudah dibersihkan dengan kain yang dibasahi, atau bisa juga menggunakan cairan pembersih untuk menghilangkan noda, kotoran, debu, juga kuman pada permukaan kompor
  • Ukuran kompor lebih kompak sehingga Anda bisa leluasa meletakkan barang lain di meja, karena posisi kompor sudah menyatu dengan meja dapur.
  • Lebih aman saat digunakan karena tidak berisiko tersenggol

kelebihan-dapur-dengan-kompor-tanam

Sedangkan kekurangan dari penggunaan kompor tanam pada dapur adalah sebagai berikut;

  • Tidak dapat dipindahkan karena posisi kompor sudah menempel pada meja dapur, sehingga sulit untuk menggantinya.
  • Perlu teknisi khusus dalam memasang kompor tanam ini.
  • Meja kabinet dapur dilubangi agar kompor tanam dapat terpasang.
  • Harga lebih mahal dibandingkan kompor konvensional.

 

Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Membuat Dapur Model Kompor Tanam

 Perhatikan Kekuatan Material Kompor Yang Akan Digunakan

Kompor tanam biasanya dibuat dari dua material, yaitu stainless steel dan tempered glass. Bahan stainless steel cenderung lebih rentan dibanding tempered glass yang tahan gores, kecuali bila stainless steel itu telah dilapisi oleh bahan enamel.

Sementara itu, bahan kompor gas tanam tempered glass cenderung mudah dibersihkan dan tahan panas. Terlepas dari pilihan Anda, pastikan kompor tanam gas tersebut lebih kokoh agar tahan lama.

dapur-island-dengan-kompor-tanam

  • Perhatikan Dimensi Meja Dapur Anda

Kompor tanam tidak memakan banyak tempat. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan ukuran kompor agar sesuai dengan desain dan dimensi meja dapur. Tujuannya untuk memberi ruang gerak yang lebih nyaman sekaligus serasi dengan seluruh interior dapur.

Cara Memasang Kompor Model Tanam Dengan Benar

Pemasangan kompor gas tanam biasanya memerlukan teknisi khusus. Namun, secara keseluruhan, tahapan pemasangan kompor tanam di rumah adalah sebagai berikut:

  • Pastikan kabinet atau meja dapur telah dilubangi sesuai ruang yang dibutuhkan dalam petunjuk pemasangan.
  • Pasang kompor tanam sesuai dengan meja dapur, atur supaya pas dengan meja.
  • Sambungkan kompor tanam tadi dengan regulator tabung gas.
  • Kompor tanam siap untuk digunakan.

pemasangan-kompor-tanam

Selain itu, jangan paksa diri Anda untuk memasang kompor tanam di meja dapur, mintalah kepada teknisi atau orang yang sudah berpengalaman dalam memasang kompor tanam. Hal ini ditujukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran.

Itulah tadi tips desain dapur dengan kompor tanam, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *